TribrataNews.PolresPamekasan, Polsek Waru – Pasca Penundaan dalam ajang Pilkades serentak Desa Tlontoares Kecamatan Waru, masih menyisakan konflik sosial yang berlarut pada pelaksanaan manajemen pemerintahan Desa Tlontoares yang kini masih dipegang oleh PJ (Pejabat Sementara) dari Pihak Pemerintah Kecamatan Waru.

Seperti halnya yang terjadi pada hari senin tanggal 02 Desember 2019 sekitar pukul 08.30 wib, di halaman Balai Desa Tlontoares telah terjadi pencegalan pengerjaan proyek paving halaman balai desa yang dilakukan oleh pendukung Cakades Miskalam.cs terhadap PJ.Kades Tlontoares H.Joko Suryadi.

Dari kejadian tersebut, Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., didampingi oleh Wakapolsek dan jajaran Inteljennya turun langsung ke lapangan sebagai bentuk upaya Problem Solving dari konflik sosial yang terjadi, guna mewujudkan situasi Kamtibmas diwilayahnya tetap aman dan kondusif, Rabu (04/12/2019) siang.

Menurutnya, “penanganan konflik sosial tidak bisa bersifat parsial, penanganan harus konprehensif dengan melibatkan seluruh lembaga, instansi dan elemen masyarakat agar bisa dicegah dan diselesaikan dengan baik”, ujarnya.

Mendasari hal tersebut, Kapolsek Waru menggelar Rapat Koordinasi terbatas dengan para pejabat kecamatan dan PJ.Kades Tlontoares untuk penanganan Konflik Sosial dan Kewaspadaan Dini berkembangnya permasalahan menjadi tindakan kejahatan, dalam rangka menciptakan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat di kantor Kecamatan Waru.

Masih dengan Kapolsek Waru yang dalam arahannya, meminta kepada semua stakeholder tidak underestimate dengan kondisi keamanan Desa Tlontoares yang relatif landai, semua pihak TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan maupun lembaga lainnya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan menyikapi dinamika sosial saat ini.

“Komunikasi yang tidak baik akan berdampak hal yang tidak baik pula di masyarakat oleh karenanya perlu penanganan yang arif dan bijaksana, jangan anggap remeh warga desa Tlontoares, namun juga jangan underestimate tetap tanamkan prediksi dan perkiraan yang dapat memberikan masukan bagi pemangku kepentingan.” imbuh AKP Akh. Jauhari.

Rabu, (04/12/2019), Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., sambangi Tokoh Warga Desa Tlontoares, berikan himbauan dan Problem Solving Konflik Sosial, TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID

Selesai rapat koordinasi di Kecamatan Waru tersebut, Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari besrta anggota jajarannya mengambil langkah mendatangi lokasi balai desa dan mengadakan pendekatan terhadap pendukung sdr. Miskalam serta para tokoh masyarakat, tokoh agama di dusun tengah desa Tlontoares.

“Kami menghimbau agar setiap adanya permasalahan selalu dimusyawarahkan dengan Muspika dan tdk boleh bertindak anarkis dengan melawan hukum serta mengajak semua tokoh serta elemen masyarakat agar menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif”, pungkasnya kepada warga.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan).