Larangan – Dengan berkembangnya tehnologi informasi dewasa ini maka setiap warga masyarakat dituntut untuk lebih peka dan tanggap terhadap pemberitaan yang diterima baik melalui media cetak maupun elektronik juga di media sosial berupa grup whatsapp, facebook, instagram dan lainnya.

Secara langsung ataupun tidak perkembangan tehnologi informasi akan dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk menyebarkan berita bohong atau hoax tujuannya menjurus kepada hal negatif yang dapat merusak sendi kerukunan dan ketentraman di masyarakat.

Untuk itu diperlukan tindakan nyata dari Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas agar rajin melakukan kegiatan sambang Desa dan silaturahmi kamtibmas untuk memberikan sosialisasi dan informasi yang benar sehingga kesalahan informasi di masyarakat dapat dicegah sedini mungkin.

Sesuai arahan Kapolsek Larangan AKP Hj. Siti Maryatun, SH. diharapkan para Bhabinkamtibmas hendaknya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang situasi yang berkembang dan memberikan informasi yang benar melalui kegiatan sambang Desa maupun silaturahmi kepada tokoh masyarakat di Desa binaannya.

Bhabinkamtibmas Desa Blumbungan Polsek Larangan Polres Pamekasan Bripka Hanafi melakukan kegiatan sambang Desa berdialog dengan Bapak Moh. Feri beserta warga lainya, warga Desa Blumbungan Kecamatan Larangan, pada jumat (06/12/2019).

Hal yang menjadi fokus Bhabinkamtibmas adalah mencegah isu yang sering dihembuskan di media sosial belakangan ini yakni maraknya paham radikalisme yang provokatif dan anti toleransi beragama

Sosialisasi yang disampaikan Bripka Hanafi dalam kegiatan sambang Desa agar masyarakat mewaspadai maraknya berita bohong atau hoax yang berisi ujaran kebencian, paham radikalisme melalui aliran agama tertentu yang menyimpang, dimana hal tersebut dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Diharapkan peran aktif warga dan tokoh masyarakat di Desa Larangan Luar ini ikut mengawasi lingkungan tempat tinggalnya jangan sampai ada kelompok radikal yang berkembang dan segera memberitahu kepada pihak Kepolisian ataupun melalui kami selaku Bhabinkamtibmas”. ujarnya.

Dengan kesadaran dan peran serta seluruh elemen warga masyarakat sehingga kerukunan dan toleransi yang terjalin selama ini dapat terus terjaga maka akan terwujud harapan kehidupan yang damai, nyaman dan tenteram.