Polres Pamekasan – Polres Pamekasan menggelar rapat koordinasi (rakor)  Operasi Lilin Semeru Tahun 2019 bersama Pemkab, ormas, dan instansi terkait di Gedung Bhayangkara, Jumat (20/12/2019).

Rakor yang bertema Melalui rapat koordinasi Operasi lilin Semeru tahun 2029 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa nyaman pada perayaan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 di wilayah Pamekasan, dihadiri Sekdakab Pamekasan Totok Hartono, Kasdim 0826, MUI, FKUB, Muhammadiyah, Pendeta, Satpol PP, Kadishub, instansi terkait, PT PLN, PMI, Orari, Rapi, radio, Senkom Mitra Polri, dan Kapolsek Jajaran.

Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M. menyampaikan, bahwa pelaksanaan pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020 ini berbeda situasinya dengan tahun sebelumnya.

“Pada perayaan natal tahun ini bertepatan dengan libur nasional PNS terutama dengan liburnya para siswa seluruh tanah air, sehingga perlu dan membutuhkan perhatian khusus dan ekstra dari stakeholder agar pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru berjalan dengan lancar,” tuturnya.

AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M menjelaskan, bahwa Ada beberapa potensi kerawanan pada saat pengamanan natal 2019 dan tahu baru 2020, antara tentang adanya ancaman terorisme.

“Aksi sweeping yang dilakukan kelompok ormas tertentu, kemudian perlu kita antisipasi penyebaran berita-berita hoax yang dapat memicu konflik yang berbau sara. Penggunaan petasan atau mercon atau kembang api, ini perlu kita antisipasi karena selain membuat hiruk pikuk juga dikhawatirkan petasan ini juga bisa mengakibatkan kebakaran,” ungkapnya.

Djoko Lestari juga menyampaikan kemungkinan terjadi adanya arak-arakan, balap liar, kemudian pesta miras atau narkoba, dan yang terakhir dimungkinkan terjadi meningkatnya kecelakaan lalu lintas.

“Dari potensi beberapa kerawanan tersebut, saya harapkan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan diharapkan untuk tetap waspada dan siaga terhadap situasi dalam rangka antisipasi kerawanan yang mungkin timbul dalam pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2020,” jelasnya.

Djoko Lestari berharap untuk meningkatkan peran empat pilar yaitu bhabinktibmas, Babinsa, kepala desa termasuk yang berada di Polsek. Juga meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan stakeholder dan tokoh agama, tokoh masyarakat terkait perputaran informasi guna mendukung operasi lilin 2019.

“Melaksanakan patroli skala besar TNI Polri, Satpol PP, untuk memberi rasa aman dan nyaman pada perayaan natal dan tahun baru 2020. Juga melaksanakan operasi miras dan balap liar karena balap liar ini kemungkinan ada pada tahun baru. Jadi perlu atensi khususnya nanti pada saat setelah pergantian tahun baru, mungkin jam ke atas  jam 2 mungkin kita perlu kita antisipasi.

Djoko berharap dengan meningkatkan sinergitas, perayaan natal dan tahun baru situasi di Pamekasan aman dan kondusif. Sehingga masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru merasa aman dan nyaman.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019, semoga kerja keras yang kita lakukan dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat,” pungkasnya.