POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Bajur – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-143 Desa Bajur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, pemerintah desa mengambil langkah kegiatan positif dengan upaya melestarikan kawasan hutan lindung yaitu melakukan tanam 60.000 (enam puluh ribu) bibit pohon baru, kamis pagi (13/02/2020) sekira 08.00 Wib sampai selesai.

Menggandeng KTH (Kelompok Tani Hutan) setempat sebagai biaan dari Cabang Dinas Kehutanan Korwil.Sumenep / BPDAS-HL BRANTAS, Kades Bajur H. Saiful Bahri menjadikan FORPIMKA Kecamatan Waru (Polsek Waru, Koramil 10/0826 Waru dan Kecamatan Waru) sebagai duta dalam wadah sinergitas gerakan Go-Green “save the lungs of the world”.

Wakapolsek Waru, dikediaman Kades Bajur bersama Forpimka dan Cabang Dinas Kehutanan Korwil.Sumenep / BPDAS-HL BRANTAS, sebelum berangkat ke lokasi tanam. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Hadir dari dinas terkait Pemkab Pamekasan dalam kegiatan tersebut, Kepala BPBD Kab.Pamekasan Drs. Ibnu Hajar bersam empat orang anggotanya, Kepala Cab.Dinas Kehutanan Korwil.Sumenep Mohammad Murtadho, S.Hut. M.Si., Khairul Saleh, S.Hut. Sementara itu dari Forpimka Kecamatan Waru ada Camat Waru Moh. Jasin, M.Si., Waka Polsek Waru Ipda Gunarto bersama satu anggota, Danramil 10/0826 Waru Letda Furdausi bersam empat anggotanya, Kades Bajur Saiful Bahri beserta Perangkat Desa, Poktan dan KTH se-Desa Bajur dan undangan yang terdiri dari Ormas/Tokoh, Media Online Madura Zon dan Lingkar jatim.

Kegiatan tanam 60 ribu pohon dalam rangka peringatan hari jadi ke-143 tahun 2020 Desa Bajur in berlokasi di Dusun Bajur, Desa Bajur Kecamatan Waru dengan akses jalan yang lumayan rumit menuju makadam, terjal, sempit dan licin namun tidak mengurangi semangat peserta dan undangan dalam pelaksanaannya.

Ipda Gunarto, bersama Forpimka secara simbolis menanam pohon dilokasi Dsn.Bajur, Ds.Bajur, Kec.Waru. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Adapun jenis-jenis bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon jati sebanyak 30.000 dan pohon akasia 30.000, secara simbolis oleh para pejabat Forpimda, Forpimka, Dinas Kehutanan dan dilanjutkan penanaman oleh masyarakat Desa Bajur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.

Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., melalui Ipda Gunarto selaku Waka Polsek Waru menjelaskan, “Kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah desa Bajur, dalam rangka peringatan hari jadinya yang ke-143 dirayakan dengan gerakan Go-Green penanaman 60.000 pohon baru, untuk kedepannya diharapkan gerakan ini berjalan berkelanjutan”, ungkapnya.

Lebih lanjut Ipda Gunarto menambahkan, “kegiatan penanaman pohon ini sebagai bentuk kesadaran serta peduli masyarakat desa Bajur  terhadap kelestarian alam dan lingkungan, 60.000 bibit pohon baru ini mudah-mudahan tumbuh bersemi dan dapat memberikan manfaat diantaranya peresapan menumbuhkan sumber mata air, filter udara dan antisipasi bencana alam, serta selain itu menjadikan sumber kesejahteraan masyarakat Desa Bajur”, paparnya.

Sampai kegiatan selesai, sekira pukul 10.15 WIB, berjalan lancar aman dan kondusif.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)