Polres Pamekasan – Kepolisian Resort Pamekasan, Madura, Jawa Timur, gelar Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Semeru 2020 bertempat di Gedung Ksatria Polres Pamekasan, Senin (27/4/2020) pagi.
Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M. didampingi Wakapolres Pamekasan Kompol Moh. Asrori Khadafi, S.H dan diikuti oleh Para PJU Polres Pamekasan, Kapolsek Jajaran beserta Instansi Terkait.
Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M. mengatakan, pelaksanaan Operasi Ketupat tahun ini, kegiatannya berbeda dengan tahun kemarin karena adanya pendemi virus Corona (Covid-19). Untuk itu sangat diperlukan adanya sinergitas dari instansi terkait dalam pelaksanaannya.
Lanjutnya, pada tahun-tahun sebelumnya Operasi Ketupat hanya berlangsung selama 14 hari yaitu seminggu menjelang dan seminggu sesudah hari Raya Idul Fitri. Namun untuk tahun ini, Operasi Ketupat akan berlangsung selama 37 hari.
Biasanya pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik, tetapi pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 kali ini yang dilakukan sebaliknya yaitu untuk mencegah para pemudik pulang kampung guna mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona.
“ Polres Pamekasan sudah mendirikan Beberapa pos check point guna berlangsungnya Operasi Ketupat. Tiap-tiap pos tersebut diisi oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Sat Pol PP, Dinkes, Senkom, Rapi dan BPBD,” terang AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M
Jadi yang melaksanakan Operasi Ketupat kali ini, bukan hanya Polri saja tetapi seluruh stakeholder sebagai tindak lanjut dari arahan Pemerintah yang melarang warga untuk mudik merayakan hari Idul Fitri 1441 H di kampung halaman.