POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Waru Barat – Sebelum bulan Suci Ramadhan tiba, sudah menjadi hal yang lumrah namun membahagiakan bagi sebagian banyak orang tua yang menyambut putra putrinya pulang dari Pondok Pesantren, tak terkecuali warga sekitaran Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.

Jum’at, (03/04) lalu, ada kerumunan warga selaku wali santri berkumpul didepan RSUD Waru untuk Menyambut kedatangan 63 (enam puluh tiga) santriwati asal Pondok Pesantren Al-Amin Sumenep yang pulang ke Waru-Pamekasan, Polsek Waru mendampingi Tim Satgas Covid-19 melakukan sterilisasi dan edukasi bagi semua santri yang tiba di halaman RSUD Waru, Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan.

Ratusan santri tersebut diangkut menggunakan 7 (tujuh) armada mini bus langsung dari Ponpes Al-Amin, sejumlah santriwati langsung mengikuti proses pengecekan saat turun dari kendaraan halaman depan IGD, tepatnya dilapangan parkir RSUD Waru.

“Proses yang mereka ikuti antara lain screening suhu tubuh, penyemprotan disinfektan melalui tenda antiseptik, kemudian dilanjutkan edukasi cuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer serta wajib menggunakan masker dan pola hidup bersih selama sampai dirumah”, kata Direktur RSUD Waru dr. Hendarto beserta Staf RSUD Waru, saat diwawancarai TB.news.

Satu per-satu seluruh santri yang datang maupun pengurus Ponpes yang turut mendampingi, juga tidak luput dari pemeriksaan kesehatan dari tim Satgas Covid-19 RSUD Waru dengan pengawasan langsung dari ketua Satgas Covid-19, Moh.Jasin,M.Si, Camat Waru, Kapolsek Waru AKP Akh.Jauhari Anwar, S.H., Komandan Rayon Militer 0826-10 Waru Kapten.inf Hery Mulyono dan Pendamping ponpes Al-Amin ada diwaru Ketua IKBAL Waru Ust. Ach. Jaelani,M.Pd.i.

“Para santriwati ini tidak hanya berasal dari Kecamatan Waru, namun juga berasal dari Kecamatan Pasean dan Kecamatan Batumarmar-Tamberu, kedatangan para santri ini dalam rangka libur kegiatan pendidikan di pesantrennya yang dilakukan lebih awal, guna menyikapi Pandemi Covid-19”, ujar M. Jasin.

Setelah melalui berbagai SOP kesehatan antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) dari Tim Satgas Covid-19 RSUD Waru, para santri ini kemudian diperbolehkan dijemput keluarga atau wali santri untuk dibawa pulang.

“Upaya ini adalah langkah antisipasi guna mencegah penyebaran Virus Corona. Kepada para santri, kami himbau agar melakukan karantina di rumahnya masing-masing setidaknya 14 hari, dan apabila ada keluhan sakit supaya segera periksa ke rumah sakit atau klinik terdekat dan koordinasi dengan perangkat desa setempat,” pungkas Kapolsek.

Sementara itu dari pihak pendamping Ponpes Al-Amin Sumenep mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Muspika Kecamatan Waru dan Tim Satgas Covid-19, yang telah menyambut kedatangan 63 santriwati dengan baik.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)