POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Batu Marmar – Kepolisian Resort Pamekasan menyiagakan personel yang bertugas melakukan pemeriksaan di perbatasan antar daerah melalui Posko Pencegahan Covid-19 di jalur Madura bagian Utara perbatasan wilayah Desa Batu Marmar, Kecamatan Tamberru-Pamekasan denga Kecamatan Sokobena-Sampang, guna mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

“Semua kendaraan umum maupun kendaraan pribadi yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Pamekasan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpangnya, juga kendaraan mereka dilakukan penyemprotan disinfektan dan dilakukan pendataan,” kata Perwira pengendali Posko Ipda Gunarto yang kesehariannya berdinas sebagai Wakil Kepala Kepolisian Sektor Waru, Kamis (30/04/2020), dilansir dari TBnews.

Posko di perbatasan tersebut menghubungkan Kabupaten Pamekasan dengan, Kabupaten Sampang yang juga merupakan jalan akses Provinsi Jawa Timur diwilayah Madura bagian Utara. Seluruh kendaraan dan penumpang yang hendak masuk wilayah Kabupaten Pamekasan dilakukan pemeriksaan guna mengantisipasi  penyebaran COVID-19.

“Mengingat hingga berita ini ditulis, di Kabupaten Pamekasan sudah 10 (sepuluh) orang dinyatakan Positif Covid-19 bawaan dari luar wilayah/Kota, sehingga pengawasan lalu lintas orang dan kendaraan diperketat, khususnya di perbatasan. Kabupaten Pamekasan bagian Utara dengan tiga Kecamatan yakni Kecamatan Tamberu, Kecamatan Pasean dan Kecamatan Waru, dikenal sebagai besar warganya adalah perantauan”, ungkap Aipda Solihin, setelah melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kendaraan.

Pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan serta pendataan warga dari luar kota melibatkan TNI-Polri, tenaga medis, dan pemerintah daerah. Tujuan pemeriksaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang bisa menimbulkan kematian penderitanya.

“Kami akan merekomendasikan tindakan lanjutan penanganan medis jika ditemukan warga luar daerah yang hendak masuk ke Pamekasan dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius,” kata salah satu petugas dari dinas kesehatan setempat.

Lebih lanjut, Perwira pengendali Posko Pencegahan Covid-19 Ipda Gunarto mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan personil Pospam di posko itu merupakan tindakan nyata, konstruktif, dan terukur untuk mencegah penyebaran COVID-19, khususnya di wilayah Kabupaten Pamekasan.

“Kami minta seluruh lapisan masyarakat dapat memahami serta kooperatif bersedia diperiksa untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan mematuhi aturan pemerintah juga Maklumat Kapolri”, pungkasnya.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)