POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Waru Barat – Buktikan keseriusannya untuk melawan Pandemi Covid-19 dan mengawal Dana Desa (DD). Pihak Kepolisian Sektor Waru bersama Forpimka Kecamatan Waru yang dalam hal ini tentunya Kapolsek bersama anggota dan Bhabinkamtibmas, Komandan Rayon Militer 10/0826 Bersama anggota dan Bhlabinsa serta Kepala Kecamatan Waru bersama staf anggotanya, kali ini melakukan pendampingan, pengamanan dan pengawasan launching realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Oleh pemerintah Desa Waru Barat yang dibuka langsung oleh bapak Abdussalam Ramli, selaku kepala desa.

Senin siang (27/04/2020), Waru Barat yang saat ini juga dikenal dengan julukan Desa Digital Smart, menjadi yang pertama dalam hal merealisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Yakni, dengan ditandai penyerahan kepada 112 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bersumber dari Dana Desa (DD), Bantuan hanya 3 bulan dan jumlah uang/Per bulan Rp.600.000, -, penerimanya keluarga Prasejahtera atau KPM yang terdampak Covid 19 dan tidak termasuk di data terpadu kementrian sosial (DTKS) serta bukan penerima PKH dan BPNT”, terang Kades Waru Barat tersebut.

BLT-DD secara simbolis diserahkan pertama kali boleh Kades Waru Barat, Camat Waru M.Jasin, M.Si, Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., perwakilan Danramil 10/0826 Waru Serma Johan Arif, dan tak lupa Pak Bhabin Desa Waru Barat Brigadir Dimas Taufan juga ikut andil menyerahkan BLT-DD kepada salah satu keluarga penerima manfaat (KPM).

TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID

Camat Waru Moh. Jasin, M.Si, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kepala Desa Waru Barat tersebut, dan pada kesempatan itu iya juga menerangkan bahwa alokasi dana desa (DD) Pemprov. Jawa Timur tahun 2020 ini mengalami penyesuaian akibat realokasi APBN untuk penanganan Covid-19, dari yg awalnya sebesar Rp 7,654 triliun berkurang menjadi Rp 7,570 triliun, “maka hal ini juga sangat berdampak pada APB-Desa, oleh sebab itu yang berhak menerima pencairan BLT-DD ini adalah warga yang benar-benar terdampak Covid 19 dan tidak termasuk di data terpadu kementrian sosial serta bukan penerima PKH dan BPNT, dan pengawasannya akan berkesinambungan dari tingkat desa sampai tingkat pusat”, tegasnya.

Kepala Kepolisian Sektor Waru, AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., yang juga hadir pada kesempatan tersebut turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kades Abdussalam Ramli, yang telah bekerja maksimal sehingga BLT-DD bisa disalurkan tepat waktu.

“Mudah-mudahan bantuan senilai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan ini dapat dimanfaatkan baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari agar masyarakat bisa tenang menyambut bulan suci Ramadan dan nantinya bisa merayakan Idhul Fitri dengan tenang meskipun dalam susana keprihatinan Covid-19 saat ini, maka dari itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan Pandemi Covid-19”, pungkasnya.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)