POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Bajur – Bhabinkamtimas Desa Bajur, Briptu Adi Supriyadi, menghadiri undangan Musyawarah Desa (Musdes) khusus validasi dan penetapan data keluarga calon penerima BLT-DD penanganan dampak Pandemi Covid-19 Tahun 2020 di Bali Desa Bajur, Kecamatan Waru, Kamis (07/05/2020) siang.

Dalam kegiatan musdes yang dipimpin oleh Bapak Abd.Aziz Jailani selaku Sekcam Waru dan Kepala Desa Bajur Bapak Saiful Bahri, menerangkan bahwa Dana Desa sebagian persen akan dipergunakan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Adanya pandemi virus corona dapat menyebabkan dampak yang signifikan dibidang perekonomian khususnya wilayah Desa Bajur. “keluhan dari warga tentang sulitnya penghasilan nafakah mengalami peningkatan akibat adanya virus Corona warga yang dulunya pekerjaannya merantau sekarang ini tidak diperbolehkan kembali. Selain itu banyaknya buruh petani yang membutuhkan bantuan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, sementara ini desa Bajur masih mendata sekitar 71 KK”, ucap Saiful bahri, Kepala Desa Bajur.

TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID

Bhabinkamtibmas Briptu Adi Supriyadi juga memberikan pengarahan kepada perangkat desa, mengingat kondisi perekonomian para warga, maka perangkat desa harus benar-benar mendapatkan data yang valid, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Perangkat desa juga harus mendata dengan benar-benar teliti mana masyarakat yang membutuhkan dan mana masyarakat yang masih mempunyai usaha lain dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta tidak duplikasi dengan Program bantuan pemerintah lainnya.

“Karena jika nantinya ada bantuan yang tidak tepat sasaran, dapat mengakibatkan konflik sosial masyarakat maka kita harus jeli dan detail dalam permasalahan data penerima bantuan BLT-DD ini, dan jangan sampai Duplikasi”, ucap Briptu Adi.

Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., dijumpai TribrataNews menyampaikan, bahwa sekarang ini sangatlah sensitif jika ada bantuan yang diberikan tidak merata. Namun sekarang ini masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 sangatlah membutuhkan bantuan. Maka dari itu kami memerintahkan para bhabinkamtibmas untuk lebih jeli dan detail dalam rangka validasi data penerima BLT-DD ini, dan harus betul-betul disosilaisasikan tentang Visi dan Misi dari diturunkannya Bansos BLT-DD ini, agar tidak brdampak pada munculnya konflik sosial yang memancing timbulnya ganguan kamtibmas” Pungkasnya.

Semua pihak Oragniasi, Orsospol, Ormas dan para dermawan pada saat ini sangatlah berlomba-lomba dalam menampak wujudkan keperdulian sosial dalam rangka menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda tanah air, namun diharapkan tidak menimbulkan ketimpangan yang memicu konflik sosial dalam pelaksanaannya.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan/as)