POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Tlontoares – Musdes Khusus Validasi, Finalisasi dan penetapan calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Tlontoares Kecamatan Waru, Rabu (06/05/2020) pagi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt. Kepala Desa Tlontoares yang juga menjabat Kasi Pemdes Kecamatan Waru, H.Joko Suryadi, Waka Polsek Waru Ipda Gunarto bersama Ps. Kanit Intelkam Polsek Waru Aiptu Tri Purwanto, Babinsa Koramil 10/0826 Waru Serda Mudi, Pendamping Desa Wasful, Petugas PKH Farhan, Fitri dan Ust. Suki, Ketua BPD Hilal Al Wahid, Ahmad zaini dari pengawas TKSK (Tenaga Kerja Sosial Kecamatan), tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Desa Tlontoares Kecamatan Waru, merupakan salah satu desa yang mana pada ajang Pilkadesa tahun lalu (2019) mengalami konflik sengketa Pilkades dan berbuntut panjang dengan konflik setiap adanya program pemberdayaan penggunaan anggaran Dana Desa, maka dari itu pelaksaan Musdes BLT-DD dalam rangka Validasi, Finalisasi dan penetapan calon penerima manfaat, dikawal ketat oleh Pihak Polsek Waru yang bersinergi dengan Koramil 10/0826 Waru beserta stakeholder yang ada.

Plt. Kepala Desa Tlontoares yang juga Kasi Pemdes Kecamatan Waru, H.Joko Suryadi dalam arahannya menyampaikan, Musdes Khusus yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian tahapan yang telah dilakukan oleh desa. Kades selaku penanggungjawab dalam team relawan Pencegahan Covid-19, sebelumnya telah mengeluarkan surat tugas untuk melakukan pendataan diwilayah Desa Tlontoares, sehingga data yang telah ada merupakan orang yang masuk kategori miskin yang belum masuk dalam data bantuan sosial lainnya.

“Hari ini adalah agenda validasi, finalisasi dan sekaligus penetapan data, dan sumber data ini harus benar-benar dan disepakati sesuai juknis yg telah dikeluarkan Kementerisner Desa bahwa calon penerima BLT-DD ini masuk kategori;
a. Bukan penerima PKH
b. Bukan penerima BPNT
c. Bukan penerima kartu pra kerja
d. Bukan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dri kementerian sosial.
Adapun yang berhak menerima kelak adalah ; Orang miskin yang kehilangan mata pencaharian akibat covid19, Dalam keluarga mereka ada yg mengidap penyakit kronis/menahun”, ujarnya.

TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID

Ketua BPD Hilal Al Wahid, menegaskan bahwa jangan sampai masih ada orang miskin yang terlupakan pada saat pendataan oleh team relawan dan juga tidak masuk dalam data DTKS, maka masih besar peluang di musyawarahkan sekarang, jangan sampai dikemudian hari ada warga desa Tlontoares yang merasa miskin namun tidak terfasilitasi sehingga menimbulkan masalah dikemudian hari, ungkapnya dengan nada tinggi.

Nada suara tersbut kemudian disambut oleh Wakapolsek Waru Ipda Gunarto yang hadir mewakili Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., dirinya mengungkapkan bahwa, “pada saat ini yang hadir adalah tokoh- tokoh masyarakat, pemuka agama, didalam suasana bulan Ramadhan yang suci ini, ditengah Pandemi Covid-19 mari kita sama-sam dinginkan hati dan fikiran, kesampingkan permasalahan yang lalu, untuk saat sekarang ini mari kita fokuskan untuk membantu warga yang terdampak pandemi virus corona (Covd-19), jangan kaitkan konflik Pilkades dengan pelaksaan Musdes-sus BLT-DD saat ini, kemudian apa yangg dihasilkan dan ditetapkan bersama dalam musyawarah ini juga disosialisasikan kepada warganya. jangan sampai ada pandangan di masyarakat kelak ada konflik akibat BLT-DD, itu yang kita khawatirkan”, imbaunya.

Diakhir pengarahannya, Ipda Gunarto menegaskan kembali bahwasanya “Kami dari Polsek Waru siap membantu pengamanan, mengawal dan mensukseskan program ini, dan supaya masyarakat benar benar bisa diajak kerjasama dalam cegah dan menangkal Covid-19, dengan mengikuti anjuran Pemerintah maka virus segera hilang dan akan terputus rantainya,” tutup Wakapolsek.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan/as)