POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Tampojung Tenggina – Bergulirnya penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia dalam rangka memperhatikan warga masyarakat kurang mampu yang juga terdampak Pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19), mulai dilaksanakan oleh PT. Pos & Giro Indonesia, demikian pula diwilayah hukum Polsek Waru Polres Pamekasan.

Seiring dengan pelaksanaan penyaluran BST tersebut Kapolsek Waru sudah menugaskan para petugas Bhabinkamtibmas dengan bersinergis bersama Babinsa dan Satgas Penangan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Waru untuk melakukan pengamanan serta monitoring Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI tersebut, dikarenakan penyalurannya di wilayah kecamatan Waru tidak menjadi satu titik di Kantor Pos Waru, Selasa (13/05/2020) siang.

Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., mngungkapkan sebagaimana perintah Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M., bahwa Polri wajib mengawal dan mengamankan program dari pemerintah. “Sesuai Jadwal dari pihak Pos & Giro Kecamatan Waru, ada sepuluh desa yang disalurkan dibalai desa masing-masing, sedangkan dua desa lainnya di kator Pos, semuanya tetap dalam pengamanan Bhabinkamtibmas bersama stakeholdernya dan hari ini pelaksaan penyaluran BST di Desa Ragheng dan Desa Tampojung Pregih,” Ungkap pak Kapolsek.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya memerintahkan anggota, terutama Bhabinkamtibmas agar menjalin sinergi dengan TNI (Babinsa) dan instansi lainnya untuk mengawal dan menjaga pembagian bantuan sosial tersebut.

“Pengamanan kita lakukan untuk antisipasi kejadian yang tidak di inginkan,” imbuh Kapolsek.

Beralih ke balai Desa Tampojung Pregih dan juga di kediaman Kades Ragheng nampak pengamanan dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka Kusnandar bersama Babinsa Serda Nuruddin pada saat pembagian bantuan sosial tunai yang di gelar petugas Pos & Giro Waru.

“Hari ini kami melaksanakan pengamanan didua desa yaitu desa Tampojung Tenggina dan Desa Ragheng yang warganya mendapat bantuan, untuk itulah saya dan pak babinsa siap hadir disini meskipun dua desa sekaligus,” kata Bripka Kusnandar.

Dijelaskannya, warga binaan di desa Tampojung Tenggina yang menerima bantuan sosial tunai berjumlah 26 warga KPM, sedangkan di Desa Ragheng ada sejumlah 37 warga KPM.

TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID

Kades Ragheng Bapak M. Moyar, mewakili warganya yang menerima bantuan mengatakan bahwa warganya senang dengan bantuan tersebut. Serta dengan kehadiran petugas pengamanan Bhabinkamtibmas bersama Babinsa, dirinya jadi lebih tenang.

“Tentunya lebih tenang dengan adanya petugas TNI dan Polri, apalagi pembagian bantuan saat pandemi seperti ini,” kata Muyar.

Seperti diketahui bantuan sosial tunai yang di bagikan kepada masyarakat miskin terdampak Covid -19 adalah sebesar Rp600 ribu dan pembagian dilakukan melalui kantor pos di wilayah kecamatan masing-masing di Kabupaten Pamekasan.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan/as)