POLRESPAMEKASAN.POLSEKWARU, Waru Barat – Petugas Polsek Waru Polres Pamekasan, terus melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, yang kali ini dilaksanakan oleh Unit Patroli Sabhara Polsek Waru dengan dipimpin oleh Iptu Zainollah, S.H., Wakil Kepala Kepolisian Sektor Waru, Polres Pamekasan. Rabu (06/01) siang.

Mode mobiling system kali ini menjadi salah satu cara yang dipilih oleh Wakapolsek Waru tersebut, hal ini dikarenakan selain dalam rangka penegakan hukum disiplin Prokes juga untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas diwilayah hukum Polsek Waru.

“Kami ambil cara mobiling system, dengan berpindah-pindah sasaran dikarenakan sasaran kami adalah memeriksa atau merazia lokasi-lokasi yang diduga rawan menjadi tempat kerumunan, serta memantau situasi Kamtibmas diwilayah hukum kami, sampai dapat dipastikan kondusif,” ujarnya.

Dalam pantauan kami, sasaran pertama yang didatangi oleh Unit Patroli Sabhara Polsek Waru tersebut adalah lokasi cafe lesehan Soca Center Desa Waru Barat, sekelompok remaja wanita yang sedang berkumpul terpaksa harus membubarkan diri dan menerima teguran karena tidak patuh disiplin Protokol Kesehatan pencegahan Covid19.

Sementara itu, Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., yang dikonfirmasi ditempat kerjanya, menerangkan bahwa operasi yustisi ini mengacu pada sejumlah peraturan pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kabupaten Pamekasan tentang Peningkatan Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan juga sanksi-sanksi terhadap pelanggar perorangan, kelompok ataupun lembaga Institusi.

“Menurut laporan anggota yang sedang razia Yustisi Prokes secara mobiling sekaligus Patroli Kamtibmas, dibeberapa lokasi masih ditemukan pelanggar disiplin Prokes maka diberikan teguran lisan secara humanis, namun jika dilain waktu ditempat yang sama juga masih tetap tidak mengindahkan disiplin Prokes maka akan diberikan sanksi-sanksi yang lebih berat sesuai peraturan yang ada dan berlaku,” pungkasnya.(ssw)