Polres Pamekasan – Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar, S.I.K., M.Si Mengikuti Pembukaan Secara Virtual MTQ XIV JQHNU Jawa Timur Kapolda Cup yang diikuti seluruh pondok pesantren (ponpes) se-Jatim, bertempat di Gedung ksatria Polres Pamekasan, Senin (11/1/2021).
Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar, S.I.K., M.Si melalui Kasubbaghumas Polres Pamekasan AKP Nining Dyah PS mengatakan Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan qori-qoriah dan huffadz di masing-masing PC JQHNU di Jatim ini digelar secara virtual dari Ponpes Al-Hamidiyah Sen-Asen Konang, Bangkalan, Madura. Lomba MTQ tersebut dibuka langsung secara virtual oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.H., S.I.K., M.H. di Rupatama Polda Jatim, sekitar pukul 16.00.
Meski kegiatan ini dilaksanakan secara virtual namun tidak mengurangi makna dan kekhidmatan, serta diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin tali silaturahmi.
“Pelaksanaan MTQ bertujuan untuk syiar dan dakwah tentang bagaimana kita membumikan kitab suci Al-Qur’an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita,” ujar Kasubbaghumas
Kegiatan seperti ini juga bisa menjadi role model di Jatim bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 kegiatan tidak harus berhenti yang bisa dilakukan dengan virtual guna menghindari kerumunan, serta mengikuti instruksi pemerintah.
Kasubbaghumas menambahkan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat membudaya di tengah masyarakat, selain itu juga dapat mewarnai umat beragama di Indonesia khususnya di Jatim, sehingga kandungan kitab suci Al-Qur’an dapat lebih dimaknai dan dilaksanakan oleh umat muslim.