Polsek Galis Polres Pamekasan – bhabinkamtibmas desa tobungan bersinergi bersama Babinsa hadiri secara langsung dlm Sosialisasi Pemutakhiran Data IDM dan pembekalan pendataan SDGs Desa Artodung kec. Galis kab. Pamekasan
Kamis, (08/04/2021)
Pagi hari

bhabinkamtibmas desa Artodung Bripka Nanang Susanto bersinergi bersama Babinsa Serda Ach. Firdaus hadiri pelaksanaan Sosialisasi Pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan pendataan berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Desa atau (tujuan pembangunan berkelanjutan desa)

Dimana Giat sosialisasi di balai desa artodung yg berlangsung dgn penerapan protokol kesehatan ini di hadiri oleh Camat Galis, Kasi PMD kec. Galis, Tenaga Ahli Kab.pamekasan, Kades dan perangkat desa Artodung dan BPD desa artodung.

Dalam sosialisasi Pemutakhiran data IDM dan pembekalan berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian.

Lebih lanjut Kepala desa Tobungan Kuswarno, SPd. SD., dalam salah satu sambutannya Mengatakan, bahwa kepala desa memiliki tanggng jawab yang besar dalam pembangunan desa, untuk membawa desanya lebih maju. Pembangunan diarahkan untuk mendayagunakan potensi desa, atau mengatasi masalah desa. Untuk itulah dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan berkelanjutan.
“dari sosialisasi dan pembekalan ini diharapkan nantinya tim pendataan dgn bersinergi berdedikasi dan bertanggung jawab dalam tugas tugasnya dan bergerak secara langsung untuk melakukan kunjungan dan survey dan mengisi kuesioner tim pendata langsung mengisi online sehingga dua-duanya bisa selesai secara bersama-sama“ pesan kades Tobungan

Kapolsek Galis Iptu Barid Fauzan S.H., menjelaskan, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa sebagai mitra Kamtibmas kawal secara langsung dari awal dalam setiap proses pemutahiran Data IDM berbasis SDGs.
“dari sosialisasi dan pembekalan ini diharapkan nantinya bhabinkamtibmas dan Babinsa bersinergi bersama tim pendataan dgn berdedikasi dan bertanggung jawab dalam tugas tugasnya dalam Pemutakhiran data IDM 2021 juga berbasiskan SDGs Desa. Dimana Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga, ungkap Kapolsek Galis