Polres Pamekasan –

Karapan Sapi adalah acara khas masyarakat Madura yang di gelar saat ini di laksanakan dilapangan Burunan desa murtajih kecamatan pademawu, Minggu (09/12/2019)

kerapan sapi terdapat seorang joki dan 2 ekor sapi yang di paksa untuk berlari sekencang mungkin sampai garis finis. Joki tersebut berdiri menarik semacam kereta kayu dan mengendalikan gerak lari sapi. Panjang lintasan pacu kurang lebih 100 meter dan berlangsung dalam kurun waktu 10 detik sampai 1 menit.

Selain di perlombakan, karapan sapi juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi yang prestis dan bisa mengangkat status sosial seseorang. Bagi mereka yang ingin mengikuti perlombaan karapan sapi, harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melatih dan merawat sapi-sapi yang akan bertanding sebelumnya. Untuk membentuk tubuh sepasang sapi yang akan ikut karapan agar sehat dan kuat, dibutuhkan biaya hingga Rp 4 juta per pasang sapi selama 1 bulan untuk makanan maupun pemeliharaan lainnya. Sapi karapan diberikan aneka jamu dan puluhan telur ayam per hari, terlebih-lebih menjelang diadu di arena karapan.

Bagi masyarakat Madura, selain sebagai ajang yang membanggakan, kerapan sapi juga memiliki peran di berbagai bidang. Misal di bidang ekonomi, yaitu sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk berjualan, peran magis religious; misal adanya perhitungan-perhitungan tertentu bagi pemilik sapi sebelum bertanding dan adanya mantra-mantra tertentu. Terdapat seorang ‘dukun’ yang akan ‘mengusahakannya. Pada setiap tim pasti memiliki seorang ‘dukun’ sebagai tim ahli untuk memenangkan perlombaan.

Prosesi awal dari peserta pukul 08.00 wib dilaksanakan pengundian nomor urut untuk pasangan sapi, dilanjutkan dengan mengarak pasangan-pasangan sapi mengelilingi arena pacuan pada pukul 10.00 wib kerapan sapi dimulai pelepasan pertama dgn no urut 1 dan 2 sampai 60 sedangkan kerapan sapi tersebut memperebutkan enam ekor sapi dengan penanggung jawab bpk H Moh Fakhrurrosy alamat Desa Nyalabuh Laok kecamatan Pademawu pamekasan

Untuk Pengamanan 12 personel anggota polsek dan koramil pademawu kerapan sapi di mulai pelepasan pertama kerapan sapi pasangan dengan no urut 1 dan 2 sampai no 60

Sedangkang Untuk perolehan juara kerapan sapi sbb:

1. Dari golongan Menang:

# Juara 1 ( DRAGULA SAKTI ) Milik H. Mahrus Kab. Bangkalan
# Juara 2 ( SELOR BARU ) Milik Klebun Longkek Kab. Bangkalan
# Juara 3 ( ANGIN TOPAN ) Milik Kades Ambat Kab. Pamekasan

2. Dari golongan Kalah:

# Juara 1 ( GENG MOTOR KW) Milik Mubet Kab. Bangkalan
# Juara 2 ( BINTANG TIMUR ) Milik Hosni Nyabaluh Laok Kab. Pamekasan
# Juara 3 ( BINTANG SAMUDRA ) Milik Kades Tebul Barat Kab.Pamekasan

Dalam giat tsb diatas berahir pukul 16.00 wib situasi dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.