TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN, Polsek Waru – Kamis tanggal 19 Januari 2018 mulai pukul 19.00 Wib, di Dusun Sumber Waru-2 Desa Sumber Waru Kecamatan Waru, berlangsung pembinaan masyarakat tentang masyarakat sadar kamtibmas (Pokdarkamtibmas) oleh Kanit Binmas Polsek Waru Polres Pamekasan, dengan diikuti sekitar 15 warga.

Bertempat di kediaman H. Abd. Halim, pelaksanaan pembinaan masyarakat dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat akan kesadaran pentingnya menjaga kebinekaragaman, kemajemukan etnis, suku bangsa, agama, budaya dan adat istiadat serta norma kemasyarakatan.

Foto : Dokumentasi Humas Polsek Waru-Pamekasan, Kamis malam (19/12/2019)

Pada kesempatan tersebut Aipda Moh.Mukit menjelaskan apa itu POKDARKAMTIBMAS ?  Pokdarkamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Tugasnya adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat, seperti menyampaikan informasi / kejadian kepada polri / polsek terdekat baik gangguan kamtibmas, kriminalitas, bencana alam dan lain lain, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, konseling / problem solving dan membantu penggaturan lalu lintas.

Pokdarkamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas). Kemudian ditambahi Perkap No 3 tahun 2015 tentang Polmas.

Mengapa masyarakat perlu dilibatkan dalam menjaga kamtibmas? karena kemanan bukan hanya tanggung jawab kepolisian semata, perlu peran serta dan kesadaran dari masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan sejuk.

Diharapkan hasil akhir dari pembinaan pokdarkamtibmas akan terbentuk kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi secara aktif dalam menjaga keamanan lingkungan, mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya, tidak main hakim sendiri terhadap pelaku kriminal, ketataatan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum, partisipasi masyarakat (membantu Polri) dalam memelihara kamtibmas dan menegakkan hukum yang berlaku, terjalin komunikasi yang  harmonis antara petugas kepolisian dengan masyrakat luas, positif thinking denga kehadiran polisi di masyarakat. Sehingga tercipta masyarakat yang adil makmur dan beradab berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Masyarakat mengikuti pembinaan dengan seksama dan sangat berterimakasih, sampai pada pukul 21.00 WIB, kegiatan berakhir dengan tertib dan lancar.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)