Polres Pamekasan -Salah satu amalan yang disarankan saat gerhana matahari cincin pada Kamis (26/12/2019) nanti adalah sholat gerhana. Anjuran untuk melakukan sholat gerhana terdapat dalam hadist Shahih Muslim.

“Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka sholat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai.”

Kepolisian Resort Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar Shalat Gerhana dan Istighosah di Mesjid Baitul Amin Polres Pamekasan, Kamis (26/12/2019) pukul 12.00 Wib.

Hadir dalam giat tersebut, Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M, Wakapolres Kompol Kurniawan Wulandono, SH, MH, Para PJU Polres Pamekasan, Anggota Polres Pamekasan dan PNS Polri Polres Pamekasan.

Dalam giat tersebut  diawali dengan Pelaksanaan Shalat Dhuhur secara berjamaah, dilanjutkan dengan Tuntunan Shalat Sunnah Gerhana Bulan yang dibawakan oleh KH.Achmad Hadhori, yang juga sebagai Imam Pelaksanaan Shalat Isya Berjamaah dan Shalat Sunnah Gerhana Bulan.

Setelah itu dilanjutkan dengan Khutbah yang dibawakan KH.Achmad Hadhori tentang Keutamaan Shalat Sunnah Gerhana Matahari.

Shalat Gerhana atau Shalat Kusuf adalah shalat yang dikerjakan ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, baik itu gerhana sebagian maupun gerhana total.

“Sesungguhnya matahari dan bulan tidak mengalami gerhana disebabkan karena matinya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah shalat dan berdoalah hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian” ujar KH.Achmad Hadhori