TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN, Polsek Waru, Ps.Kanit Binmas Polsek Waru, Polres Pamekasan Aipda Mohammad Mukit melaksanakan sambang sekaligus bersilaturahmi ke kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Waru. Senin (06/01/2019).

Kunjungan silaturrahmi Ps.Kanit Binmas Aipda Moh.Mukit kali ini untuk membahas permasalahan pernikahan dini dan membangun opini publik tentang seruan menolak masuknya paham radikalisme ke wilayah Kecamatan Waru.

Seperti yang diketahui Kantor urusan agama ( KUA ) merupakan kantor pelayanan publik dan tempat penyimpanan dokumen tentang akta nikah dan surat penting lainya, dan setiap pernikahan yang sah harusnya tercatat di kantor itu.

“kita sudah menghimbau kepada para pegawai kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Waru untuk melakukan pendataan kongkrit terhadap para calon pengantin terutama pengantin wanita yang biasanya dinikahkan meski masih dibawah umur dengan upaya memalsukan data kelahiran, sehingga berdampak pada banyaknya kasus broken home yang disertai kekerasan dalam rumah tangga”, ujarnya.

Lebih lanjut, “demikian pula pernikahan siri memang sah menurut agama namun berdasarkan hukum itu ilegal karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat dan nantinya dapat merugikan masyarakat”, papar Aipda Mukit.

Di sela sambang tersebut Ps.Kanit Binmas Polsek Waru juga menyempatkan mengajak tokoh agama yang kebetulan sedang berada di kantor KUA Kecamatan Waru tersebut, untuk bersama membantu Kepolisian Sektor Waru dalam menjaga keamanan di wilayah serta membangun opini publik untuk menolak masuknya ajaran paham Radikalisme.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)