TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN, Polsek Waru – Memasuki awal musim penghujan, yang disertai cuaca ekstrim, Kepolisian Sektor Waru selaku Pelayanan, Pengayom dan Pelindung masyarakat tak tinggal diam, dalam rangka peduli dan turut serta antisipasi Penanggulangan Bencana dengan mempersiapkan diri memetakan daerah rawan bencana.

Selasa (07/01/2020) siang, Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru di pimpin oleh Aiptu Tri Purwanto, turun langsung ke desa-desa yang ada di wilayah tempat tugasnya melaksanakan sambang tatap muka dan berdialogis dengan para tokoh warga guna melakukan pemetaan dan deteksi dini daerah rawan mengalami bencana alam pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang dan banjir.

Kali ini di Desa Tlontoares, Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru Aiptu Tri Purwanto, ditemui Sdr.Halili yang kemudian menunjukkan lokasi-lokasi yang rawan adanya bencana alam.

Aiptu Tri Purwanto bersama Tomas dilokasi rawan tanah longsor Desa Tlontoares , Selasa (07/01/2020) siang. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Pada kesempatani itu Aiptu Tri Purwanto memberikan himbauan dan pesan kamtibmas dalam hal antisipasi dampak bencana alam, khususnya yang tinggal di kawasan rawan untuk memperhatikan rekahan tanah.

“Apabila terjadi hujan paling tidak 1 jam, supaya masyarakat yang tinggal di daerah rawan segera meninggalkan rumah. Mereka bisa mengungsi ke tempat yang aman untuk meminimalisir resiko dan korban,” pintanya.

Selanjutnya, “ancaman bencana hujan deras disertai angin kencang. Masyarakat diimbau untuk memangkas ranting dan cabang pohon di sekitar rumah mereka, terakhir adanya potensi banjir karena intensitas hujan yang tinggi, sebagaimana rilis pemantauan BMKG, pihaknya mengajak masyarakat kerja bakti untuk membersihkan sampah di saluran air”, pungkasnya.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)