POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Bajur – Bertempat di lahan penangkaran kayu mahoni milik pemerintah desa Bajur, di dusun Baranggun, Waka Polsek Waru Ipda Gunarto bersama Kanit Reskrim Ipda Zainollah dan Ps.Kanit Intelkam Aiptu Tri Purwanto, memantau kondisi kelestarian hutan lindung tersebut, Rabu (15/01/2020) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Ds.Bajur Bapak Saiful Bahri dan Kadus Dsn.Barangun Ds.Bajur An.Rohadi, yang mendampingi kegiatan pemantauan kondisi tanaman mahoni, yang sudah ditanam dan tumbuh berkisar 1 tahun yang lalu itu.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan bentuk kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan hutan, dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam yang disebabkan rusaknya lingkungan hutan, utamanya banjir dan tanah longsor.

Waka Polsek Waru, Kanit Reskrim dan Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru didampingi oleh Kades Bajur dan Kasun Beranggun di lokasi tanaman mahoni Desa Bajur, Kecamatan Waru, Rabu (15/01/2020). TribrataNews.PolresPamekasan.id/khpw

Waka Polsek Waru mengajak dan menghimbau Kepala Desa serta perangkatnya untuk meningkatkan koordinasi terutama kesiapan siagaan warga dalam mengantisipasi jika terjadi bencana alam saat musim penghujan.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Ipda Zainollah dan Aiptu Tri Purwanto memberika ajakan untuk menjadi pelopor dalam pelestarian alam utamanya hutan dengan menggaungkan gerakan menanam pohon setelah dilakukan penebangan.

“Harapannya menggungah kesadaran pemangku kebijakan wilayah dan seluruh elemen Masyarakat akan pentingnya sikap serta tindakan dalam upaya pencegahan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor”, ujar Kanit Reskrim Polsek Waru dan Ps.Kanit. Intelkam Polsek Waru tersebut.

Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru memberikan arahan pemeliharaan pohon mahoni kepada Kades serta perangkat Desa Bajur, Rabu (15/01/2020). TribrataNews.PolresPamekasan.id/khpw

Sementara itu Ipda Gunarto, mengingatkan bahwa potensi tanah longsor kemungkinan besar bisa terjadi di wilayah Desa Bajur yang letak geografisnya berada pada daerah tebing dan lereng perbukitan.

“Menanam pohon tujuannya untuk memperkuat struktur tanah, sedangkan manfaat yang lebih besar dapat meminimalkan terjadinya banjir dan longsor, akar pohon-pohon itulah yang akan menahan tanah agar tetap berada ditempatnya”, Ipda Gunarto.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)