POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Bajur – Pepatah bilang sedia payung sebelum hujan itulah wujud kesiap-siagaan Polsek Waru Polres Pamekasan. Aiptu Lutfianto selaku anggota satgas tanggap bencana alam, sesuai standart operasional prosedur selain melengkapi perabot atau kelengkapan yang di siagakan di posko terpadu tiga pilar, patroli sambang dan silaturrahim juga terus dilakukan untuk berdialogis dengan warga dalam rangka menghimbau kesiap-siagaan apabila terjadi bencana.

“Tentunya kita semua tidak ingin, bahkan sama sekali tidak berharap adanya bencana atau musibah dalam bentuk apapun”, ujar Aiptu Lutfianto kepada warga, Jum’at (24/01/2020) siang.

Aiptu Lutfianto Ps.Kanit Sabhara bersama Brigpol Dimas Taufan Banit Reskrim Polsek Waru, dalam giat patroli dialogisnya ke Dsn.Beranggun, Ds.Bajur, Kec.Waru. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Namun dengan kondisi serta situasi wilayah yang mayoiritas terdiri dari dataran tinggi dan perbukitan, jajaran Kepolisian Sektor Waru Polres Pamekasan dengan bersinergi bersama lintas sektoral serta lapisan penggiat sosial yang ada, sebagai bentuk ikhtiar demi memadukan pandangan berkomitmen membentuk team tanggap darurat waspada bencana mulai dari tingkat pedesaan.

“Kewaspadaan yang kita bangun secara sinergi bukan hanya diam diri bekerja ketika bencana alam terjadi, akan tetapi langkah-langkah meminimalisir terus dilaksanakan seperti menghimbau warga untuk bhkti sosial melakukan penghijauan, menghimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup. Sehingga potensi luberan air ketika hujan lebat turun tidak mengarah ke permukiman penduduk dengan kelancaran di daerah aliran sungai, serta tidak mengakibatkan longsor”, imbuh Aiptu Lutfianto.

Wujud kebersamaan dan gotong royong masyarakat dengan Polsek Waru Polres Pamekasan dalam berbagai kegiatan, menjadikan kekuatan yang tidak bisa di nilai harganya dengan apapun. Budaya kearifan lokal yang masih tinggi dan cinta akan kepedulian menjadikan pula komitmen aparat kepolisian terus menjaga agar tetap lestari.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)