POLSEKWARU.POLRESPAMEKASAN, Waru Barat – Pasar Polowijo dan Pasar hewan ternak kelas-1 Kecamatan Waru merupakan pasar tradisional yang mana setiap hari Kamis dan hari Minggu pasaran pengunjung cukup ramai dalam melakukan transaksi, dan hal tersebut mengundang kerawanan terutama tindakan  kejahatan, antisipasi terjadinya hal dimaksud Unit Intelkam Pengamanan Tertutup.

Disampaikan Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru Aiptu Tri Purwanto, pada saat melaksanakan pengamanan tertutup bersama anggota di hari pasaran Polowijo dan Pasaran kelas-1 ternak sapi Kecamatan Waru, hari Kamis (29/01/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Aiptu Tri Purwanto, bersama petugas keamanan pasar Polowijo Waru. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

“Pengamanan tertutup yang sudah terjadwal dalam Kalender Kamtibmas ini dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan aktivitas warga serta  melakukan pengawasan terhadap  orang dan barang bawaan sebagai upaya antisipasi gangguan Kamtibmas terutama tindakan kejahatan seperti pencopetan dan premanisme,” Terang Tri Purwanto.

Lebih lanjut, Ps.Kanit Intelkam Polsek Waru tersebut menerangkan bahwa keberadaan Polri di tengah tengah masyarakat sebagai pengamanan tertutup dengan dan terbuka, diharapkan dapat meminimalisir dan mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan untuk bereaksi, sehingga situasi tetap kondusif.

Dalam pelaksanaan kegiatannya tersebut, bersama warga dan petugas pasar Aiptu Tri Purwanto juga melakukan mendapatkan informasi bahwa ada suara tangisan anak kecil yang berasal dari sebuah mobil Daihatsu Hijet ber No.Pol : W-560-BN yang parkir depan Masjid Nurul Huda Waru, agak jauh dari lokasi pasar Polowijo Waru.

Aiptu Tri Purwanto Ps.Kanit Intel Polsek Waru, bersama Warga memberikan pertolongan pertama kepada anak kecil perempuan yang ditinggalkan oleh orang tuanya didalam mobil. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Serentak Ps.Kanit Intel Polsek Waru tersebut berlari menuju lokasi, tak ayal seorang anak kecil perempuan ditinggalkan oleh orang tuanya didalam mobil dalam keadaan pintu dan jendela tertutup rapat dan terkunci, kemudian Aiptu Tri Purwanto segera meminta bantuan warga sekitar serta petugas pasar untuk mengeluarkan anak kecil tersebut, serta petugas pasar untuk menyiarkan berita melalui speaker ataupun mencari keberadaan orang tuanya.

Selang beberapa saat anak kecil perempuan yang terjebak dalam mobil tersebut dapat dikeluarkan, secara humanis Aiptu Tri Purwanto memberikan pertolongan pertama kesehatan untuk meredam shock si anak, dan ketika orang tuanya datang Aiptu Tri Purwanto juga memberikan himbauan untuk tidak mengulangi perbuatannya meninggalkan anak dalam mobil dalam keadaan pintu dan jendela tertutup rapat dan terkunci, karena dapat berakibat fatal membahayakan keselamatan jiwa si anak.

Apresiasi positif dari masyarakat sekitar, serta orang tua si anak kecil yang diketahui bernama sdr.Suhut warga Ds.Dumpo Kecamatan Pasean, kepada Ps.Kanit Intel Polsek Waru, atas kinerjanya untuk memberikan pelayanan dan bantuan dalam pelaksanaan tugasnya mengamankan pasaran Polowijo Waru.

Sdr.Suhud membawa kembali anak perempuannya usai diberikan arahan dan himbauan oleh Ps.Kanit Intel Polsek Waru Aiptu Tri Purwanto. – TRIBRATANEWS.POLRESPAMEKASAN.ID/KHPW

Ditempat terpisah saat di wawancara Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., menjelaskan dirinya selalu meminta anggota untuk selalu aktif berikan pelayanan pengamanan terutamanya saat pasaran guna memberikan kenyamanan masyarakat dalam melasanakan kegiatan di pasar.

“Kami selalu gelar personil berikan pelayanan keamanan, baik secara terbuka dengan pakaian dinas, maupun pengamanan tertutup dengan pakaian preman dalam menjaga keamanan pasar tetap kondusif, mengenai kejadian anak kecil perempuan yang ditinggalkan oleh orang tuanya didalam mobil tersebut, kami langsung serahkan kembali kepada orang tuanya, namun sebelum itu kami berikan arahan serta himbauan dahulu agar kejadian serupa tidak terulang kembali”, ujar Kapolsek.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)