Polres Pamekasan – Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personil, Polres Pamekasan melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) berkala di Lapangan Asrama Mapolres Pamekasan, Selasa (11/2/2020) pagi.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh personel baik Polres dan Polsek jajaran Polres Pamekasan mulai dari pangkat brigadir hingga perwira. TKJ tersebut dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 11 s/d 13 Februari dan dilanjutkan tanggal 15 Februari  2020.

Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M. menjelaskan bahwa Tes Kesamaptaan ini dilakukan guna mengetahui dan mengukur kekuatan stamina dan kesamaptaan seluruh anggota Polri yang berdinas di Polres dan Polsek jajaran Polres Pamekasan.

“ TKJ dilaksanakan setiap semester, Semua anggota wajib mengikuti. Selain untuk menjaga stamina agar tetap prima, TKJ juga berfungsi untuk mengukur kemampuan dan ketahanan fisik perorangan maupun organisasi,” ujar Kabagsumda

Sebelum pelaksanaan TKJ, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Urkes Polres Pamekasan.

Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) tersebut terdiri dari beberapa tahapan yaitu lari selama 12 menit, sit up, pull up, push up dan shuttle run. Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini merupakan kegiatan rutin yang di laksankan selama 6 bulan sekali oleh Personil Polres Pamekasan dan merupakan program kerja Bagian Sumber Daya Manusia (Sumda) Polres Pamekasan untuk mengukur kemampuan anggota di bidang jasmani.

Di tempat terpisah Kasubbagsumda Polres Pamekasan Kompol Solihin, S.H mengatakan, bahwa pelaksanaan TKJ dibagi dalam tiga gelombang. Maksud dari pengaturan jadwal yang dibagi menjadi tiga gelombang ini supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari anggota yang bertugas di masing-masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek dengan harapan tetap terjaganya kondisi fisik yang prima sebagai pendukung tugas dilapangan.

“ Diharapkan dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini dapat menjaga kebugaran jasmani anggota agar tetap prima sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” Jelas Kabagsumda