Polsek Pamekasan-Polres Pamekasan News. Jum’at, 21/2/2020. Dalam upaya penyelesaian masalah sengketa tanah dan bangunan yang terjadi antara Keluarga Alm AMIROSO dengan Keluarga HAMIMAH, Kanit Binmas bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Lurah Baru rambat Kota, memediasi penyelesaian sengketa tanah dan bangunan dari keluarga Ahli Waris Alm Bapak HAFi di Kel. Barurambat Kota Kec/Kab. Pamekasan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kanit Binmas Polsek Pamekasan Lurah Barurambat Kota Bapak MOHAMMAD HARI, S.sos, M.si, Ipda MARYONO, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pamekasan Aiptu MAHDIYAR, Tokoh masyarakat Setempat dan Keluarga Kedua belah pihak.

Adapun sekilas cerita tentang Keluara Pewaris Alm. Bapak HAFI dan Almh Ibu PARKI adalah merupakan Suami istri yang tidak dikarunia keturunan (anak) yang kemudian keduanya sama sama memungut anak. Alm Bapak HAFI memungut anak keponakannya sendiri An. AMIROSO sedangkan Almh Ibu PARKI memungut anak dari keponakannya sendiri An. HAMIMAH. Selanjutnya Alm AMIROSO kawin dengan adik HAMIMAH yaitu Sdri SURYANI dan dikarunia 2 orang anak laki-laki dan perempuan An. MOH. MAHFUD dan NADA SALSABILA. Sebaliknya HAMIMAH kawin kakak dari Alm AMIROSO yaitu Sdr. IMAM HIDAYAT dan dikaruniai 2 anak perempuan.

Melalui Proses mediasi yang alot, akhirnya Kedua belah pihak sepakat bahwa ahli waris tanah dan bangunan tersebut jatuh kepada NADA SALSABILA putri bungsu Alm AMIROSO yang masih cucu dari Keluarga Pewaris Alm Bapak HAFI dan Almh Ibu PARKI yang selanjutnya kedua belah pihak menanda tangani surat pernyataan diatas materai tertanggal Senin 20 Februari 2020 yang isinya menyebutkan bahwa sebidang tanah dan bangunan milik Pewaris Alm Bapak HAFI Pepel No, 1750 AN. AMIROSO yang berlokasi di Jl. Balaikambang Gg. 1 RT.02 RW.06 Kel. Barurambat Kota Kec/Kab. Pamekasan tersebut jatuh kepada NADA SALSABILA dengnan syarat tanah itu tidak untuk diperjual belikan kecuali Ahli Waris (NADA SALSABILA sudah Aqil Baligh) dan Keluarga dari Ibu HAMIMAH Siap menandatangani tanah tersebut dalam proses penerbitan sertifikatnya,

Lurah Barurambat Kota Bapak MOHAMMAD HARI, S.sos, M.si diakhir mediasi menuturkan Syukur Alhamdulillah proses mediasi ini berjalan aman, tertib dan lancar dan kepada kedua belah pihak mengucapkan terima kasih, mudah mudahan proses mediasi ini menjadikan akhir dari sengketa antar kedua belah pihak, tak lupa kepada pihak kepolisian dan pihak terkait kami ucapkan terima kasih…..Tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Kanit Binmas Polsek Pamekasan Kota Ipda MARYONO menegaskan bahwa Kedua belah pihak agar berpegang teguh dan mematuhi apa yang telah menjadi kesepakatan bersama, tolong kedua belah pihak untuk menghargai kesepakatan ini agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan dikemudian hari. Lebih lanjut Kanit Binmas menyampaikan bahwa Problem Solving adalah upaya penyelesaian dan pemecahan masalah yang berpedoman pada azas musyawarah dan mufakat tanpa melalui jalur penegakan hukum proses peradilan.