Polsek Palengaan – Personil Polres Pamekasan bersama Bhabinkamtibmas Desa Angsanah Polsek Polsek Palengaan Bripka Bambang Supriadi, menghadiri kegiatan pelatihan Linmas di Balai Desa Angsanh, selas (10/03/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Desa Angsanah dan Perangkat desanya,Bhabinkamtibmas Desa Angsanah, dan anggota linmas Desa Angsanah sebanyak 15 Orang.

Sambutan Kepala Desa Angsanah bapak Masduki yaitu mengcapkan salam dan penghormatan kepada seluruh tamu undangan. Menyampaikan bahwa kekurangan seragam linmas pada tahun 2020 akan segera tercukupi. Menyampaikan bahwa linmas ini mempunyai tugas sebagai kekuatan masyarakat yang siap terlatih membantu ketahanan dan keamanan masyarakat Desa Angsanah Kec.Palengaan Kab.Pamekasan.

Pembekalan dari Anggota Polres Pamekasan Aiptu Fathorahman yaitu mengucapkan salam dan penghormatan. Menyanpaikan bahwa diselenggarakanya pelatihan linmas bertujuan untuk meningkatkan peran linmas dalam perlindungan masyarakat. Dalam pelatihan ini sebagai bentuk pemberian pemahaman dan pemberdayaan sat linmas untuk berperan aktif dalam memberikan perlindungan dan pengamanan kepada masyarakat.

Dan juga di lanjutkan oleh Aipda Choirul Anwar menyampaikan sebagai berikut “Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dapat ditemukan pada Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum pada pasal 1 butir 1 yaitu Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Kami mengharapkan dengan diselenggarakannya pelatihan linmas ini dapat memperkuat tingkat keamanan, ketentraman, dan ketertiban dilingkungan masyarakat Desa Angsanah, dengan cara linmas bisa mengaktifkan poskamling, ronda keliling linkungan, mengamankan kegiatan masyarakat orang punya hajat dan lain lain, jika menemui hambatan agar menghubungi petugas Kepolisian terdekat atau Bhabinkamtibmas di desanya.