POLRESPAMEKASAN.POLSEKWARU – Waru-Pamekasan, Pertengahan bulan Juni 2020 Pandemi Covid-19 masih pada masanya, pemerintah pusat mulai mengeluarkan kebijakan “NEW NORMAL” untuk meminimalisir dampak sosial Pandemi Covid-19, Namun dibeberapa daerah tak terkecuali di Pamekasan Madura, Khususnya Kecamatan Waru sempat Viral beredarnya kabar berita aksi anarkisme terhadap Jenazah dan petugas medis yang melaksanakan prosedur protokol Covid-19.

Untuk Kepolisian Sektor Waru, Resort Pamekasan tak tinggal diam, berbagai upaya dilakukan agar kejadian aksi anarkisme terhadap petugas dan korban terindikasi Covid-19 tidak terulang kembali, dimulai dengan himbauan dengan memasangkan spanduk di RSUD Waru dan Puskesmas Tampojung Pregih yang merupakan salah satu Objek Vital tempat rujukan Karantina Pasien Covid-19. Minggu (21/06) pagi.

“Pemasangan banner atau spanduk himbauan ini sebagai langkah preventif Polsek Waru agar diketahui oleh masyarakat serta halayak ramai, bahwa tindakan anarkis Ambil Paksa Jenazah dan menghalangi petugas Covid-19 itu tidak dibenarkan oleh hukum”, ujar salah seorang anggota Polsek Waru yang nampak sinergis dengan petugas RSUD usai memasang spanduk atau banner.

Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, S.I.K., M.M., melalui Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., mengatakan himbaun demi himbauan akan terus dilakukan sebagai langkah awal menjamin Kamtibmas dimasa Pandemi Covid-19 tetap kondusif.

“Adanya kabar berita viral tentang upaya anarkis menghalangi petugas medis melakukan prosedur protokol pemulasaran jenazah yang terindikasi Covid-19 beberapa waktu lalu, memang masih belum dapat dipastikan kebenarannya sampai saat ini, mengingat waktunya pada malam dini hari dan almarhum punya banyak sanak famili, sebagai langkah antisipasi pada waktu itu anggota kami juga hadir dilapangan, namun tidak ada laporan kejadian menonjol.” terang Kapolsek ketika dikonfirmasi melaui handphone selulernya.

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa antusias warga masyarakat di wilayah hukum Polsek Waru untuk mematuhi seruan prosedur protokol Covid-19 memasuki Era New Normal mulai meningkat, dikarenakan adanya berbagai upaya oleh pihak Polsek Waru untuk selalu menghimbau masyarakat baik melalui banner himbauan ataupun siaran keliling oleh Unit Patroli Sabhara.

(Humas Polsek Waru-Pamekasan)