Polsekpegantenan |PolresPamekasan- Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan di tingkat desa maupun kelurahan yang bertugas mengemban fungsi pencegahan dengan cara menjalin kemitraan dengan masyarakat.

Bhabinkamtibmas berperan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, melakukan penertiban, dan edukasi kepada masyarakat, disamping melaksanakan tugas umum kepolisian dalam rangka memberi pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Bhabinkamtibmas Desa bulangan timur Bripka Haris menyambangi perangkat desa di balai desa dalam melakukan himbauan Kamtibmas guna pencegahan adanya paham radikalisme dan anti Pancasila,Minggu 14/2/2021.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Haris menyampaikan dan mengajak kepada para perangkat desa untuk bersama-sama saling bahu membahu memerangi paham radikalisme, Anti Pancasila, serta mewaspadai dan tidak terpengaruh maraknya masuk dan paham ideologi kepercayaan yang menyesatkan.

Diharapkan juga kepada masyarakat, apabila mengetahui ada sekolompok orang yang dicurigai atau menganut paham-paham tersebut, khususnya di Desa bulangan timur agar secepatnya disampaikan kepada kepolisian ataupun bhabinkamtibmas, untuk dilakukan deteksi dini dan pembinaan nantinya,jelas Haris.

Kapolsek pegantenan polres pamekasan AKP H Junaidi SH mengatakan bahwa dalam hal pencegahan aksi terorisme maupun paham radikalisme ,tentunya harus ada peran serta masyarakat untuk peduli terhadap keamanan lingkungan sekitar untuk mendukung peran dan tugas kepolisian dalam upaya harkamtibmas.

Selain itu pemahaman tentang pengetahuan agama juga menjadi peran penting dalam membentuk karakter masyarakat, apabila agama bisa dipahami dengan baik dan benar maka tidak akan ada lagi aksi radikalisme maupun terorisme,jelas kapolsek. (hms)