POLRESPAMEKASAN.POLSEKWARU, Tampojung Tengah – Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, yang juga merupakan bagian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melanjutkan tahapan pembentukan Kampung Tangguh Semeru, yang dirintis oleh Polda Jatim Bersama Forkompinda Jatim, dilanjutkan dengan tahapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro.

 

Kapolsek Waru AKP Akh. Jauhari Anwar, S.H., didampingi Bati Komsos Koramil 10/0826 Waru Serma Johan Arif, beserta staf Pemerintah Kecamatan Waru H.Joko Suryadi, terjun langsung meninjau lokasi Kampung Tangguh Semeru di Desa Tampojung Tengah, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Kamis (12/2/2021).

“Hal ini menindak lanjuti perintah dan arahan pimpinan Polri terkait pemberlakuan PPKM Mikro, dalam soliditas kebersamaan untuk menerangi wabah Pandemi Covid19, juga untuk mendukung kinerja Sinergi Tiga Pilar Desa yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades dalam membentuk Kampung Tangguh Semeru dan Posko 3 Pilar PPKM mikro,” ujarnya.

Dikatakannya, oleh Kapolsek, untuk melaksanakan PPKM Mikro ini, Kecamatan Waru telah memiliki modal sosial atau program yang telah dirintis sejak delapan bulan lalu bahkan ditambahkan lagi sebanyak 8 titik desa, yakni melalui Satuan Kampung Tangguh Semeru. “Jadi kami berkomitmen melaksanakan PPKM Mikro melalui Soliditas 3 Pilar Kamtibmas Desa dalam wadah Kampung Tangguh Semeru yang dimiliki sejak awal adanya Pandemi Covid19,” imbuh Kapolsek Waru.

 

Dijelaskan kembali oleh Kapolsek, Kampung Tangguh ini sendiri adalah inovasi yang telah diciptakan oleh Polda Jatim bersama dengan dukungan Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya, dan Pemerintah Kota/ Kabupaten, sehingga harus sampai pada level bawah Desa dan Dusun untuk menciptakan satuan terkecil berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong dalam penanganan COVID-19.

Kebersamaan dalam pelaksanaan kampung tangguh juga akan menciptakan empathy building dan social bonding dalam pelaksanaan PPKM Mikro serta untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Untuk diketahui, sampai berita ini dirilis, Polsek Waru bersama Koramil 10/0826 Waru serta pemerintah Kecamatan Waru telah membentuk 4 Kampung Tangguh Semeru baru setelah sebelumnya 3 Kampung Tangguh Semeru diresmikan sejak delapan bulan lalu, dan terus akan bertambah dikarenakan, berdasarkan Inmendagri No.3 tahun 2021, Jawa Timur termasuk dalam daerah yang mendapatkan instruksi untuk pelakanan PPKM Mikro dengan daerah prioritas tertentu terhitung sejak tanggal 9 sampai dengan22 Februari 2021.

“Kami harapkan pelaksanaan PPKM Mikro ini nantinya bisa berjalan lancar di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Tentunya dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, selain kami TNI-Polri dan Pemerintah Kecamatan dan Desa, utamanya dengan terus memperkuat dan memberdayakan keberadaan Kampung Tangguh yang memang sudah kita terapkan ini,” pungkasnya. [ssw]