Polsek Waru, Polres Pamekasan, Polda Jatim – Hujan disertai angin yang cukup kencang, pada Jum’at sore dimulai sekira pukul 16.00 WIB, disebagian besar kawasan Kabupaten Pamekasan, tak terkecuali di sekitar wilayah Kecamatan Waru, sehingga sangat berpotensi sekali terjadinya bencana pohon tumbang, tanah longsor ataupun banjir.

Anggota Polsek Waru Polres Pamekasan Polda Jatim, yang bertugas jaga pada hari itupun tak tinggal diam, bersinergi dengan TNI Koramil setempat serta instansi terkait lainnya, turut berperan aktif dalam menangani sejumlah pohon tumbang.

Menindak lanjuti informasi dari warga, anggota SPKT-3 Polsek Waru merespon cepat telah terjadi pohon tumbang di area jalan raya Pasar Polowijo Waru di dusun Tobalang-3, Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, akibat dari kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, namun beberapa lapak pedagang tertimpa pohon dan arus lalulintas sedikit terhambat.

Anggota Polsek Waru bersinergi dengan TNI, instansi Kecamatan Waru dan dibantu bersama masyarakat setempat turun langsung walaupun situasi sudah mulai gelap dan listrik padam, dengan dibantu pencahayaan dari mobil 821 Patroli Polsek Waru, mulai mengevakuasi pohon dari badan jalan serta mengatasi kemacetan dengan mengatur arus lalu lintas dengan buka tutup jalur, “untuk mengatasi pohon tumbang maka kami semua bahu membahu memangkas ranting dan batang pohon yang melintang kejalan sehingga arus lalulintas di lokasi berangsur lancar dan normal kembali, walaupun dengan satu jalur”, ujar Bripda Rahmat, di tempat kejadian.

“Hal ini merupakan respon cepat kepolisian atas informasi yang didapat dari masyarakat sehingga personil kami langsung segera ke TKP melakukan evakuasi pohon tumbang guna mengatasi kemacetan lalulintas, serta lapak pedagang yang tertimpa pohon, dengan taksir kerugian kurang lebih juta-an rupiah”, kata AKP Anwar Subagyo, S.H., dikonfirmasi via seluler ditempat terpisah.

Disampaikan Pak Purwanto, warga setempat dilokasi kejadian, bahwa pohon tumbang tersebut tumbang karena hujan dan angin kencang yang terjadi mulai sore sampai malam ini, hingga menutup jalan dan menimpa lapak pedagang namun tidak terdapat korban jiwa dan kejadian ini murni bencana alam.

“Beruntung karena kesigapan anggota Polsek Waru, Koramil Waru dan Instansi Kecamatan dengan di bantu masyarakat, sehingga dengan cepat mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut sehingga arus lalulintas kembali normal”, ujarnya.

Masih via seluler ditempat terpisah, Kapolsek Waru AKP Anwar Subagyo, S.H., melalui anggotanya dan tim *tribratanews*, menghimbau warga untuk mewasdai pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang, sehingga masyarakat tidak menempatkan lapak dagangan di bahu jalan area Pasar Polowijo Waru serta harus berhati-hati dalam berkendara, pohon tumbang bukan hanya karena kondisi usia rapuh tetapi memang ada pengaruh potensi cuaca ekstrim untuk menumbangkan dan itu sulit diprediksi.

“Terimakasih kepada jajaran muspika dan warga yang telah memberikan informasi telah terjadi pohon tumbang sehingga cepat dalam melakukan penanganannya,” tutup Kapolsek Waru. [ssw]