Polsek Waru, Polres Pamekasan, Polda Jatim – Dipendopo Kecamatan Waru, Jumat 30/12/2022.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, Kapolsek Waru Polres Pamekasan, AKP Anwar Subagyo, S.H. menggelar kegiatan Jumat Curhat yang dikemas dalam bentuk Coffee Morning, didampingi Camat Waru Drs. Endy Sutrisno, M.Si., dan Bati Komsos Koramil 10/0826 Waru Pelda Johan Arif, bertempat di Kantor Mandapa atau Balai Kecamatan Waru, pada Jumat 30/12/22 pukul 08.30 WIB.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh perwakilan Kepala Desa se-Kecamatan Waru, tokoh masyarakat, Tokoh agama dan tokoh pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Waru. Turut dihadiri pula beberapa ketua organisasi lembaga swadaya masyarakat .

Kapolsek Waru menjelaskan, yang menjadi pokok pembahasan dalam pada hari ini yaitu terkait masalah keamanan.

“Kami bersama steak holder serta berbagai masyarakat yang ada di wilayah hukum Kecamatan Waru senantiasa selalu bersinergi dalam menciptakan stabilitas kamtibmas, utamanya jelang perayaan malam tahun baru 2023 esok malam, gangguan keamanan yang termasuk dalam kategori kriminalitas 3C (Curat, Curas dan atau Curanmor), serta mewaspadai terjadinya bencana akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir ini” ujar AKP Anwar.

Namun, pembahasan pada kali ini lebih dititik beratkan untuk mengupas terkait tactical pengamanan malam tahun 2023 serta antisipasi dampak cuaca ekstrim yang beberapa hari terakhir sering terjadi Hujan disertai angin kencang sehingga menyebabkan banyak pohon tumbang dan kemungkinan besar terjadi tanah longsor dikarenakan geografis wilayah Kecamatan Waru yang sebagian besar adalah dataran tinggi dan perbukitan.

Bang Jack, yang merupakan salah satu tokoh masyarakat sekaligus sekdes dari Desa Waru Barat mengutarakan bahwa, Masyarakat berharap agar TNI-Polri dan pihak dinas sosial Kecamatan Waru, mendampingi pihak Desa untuk mengimbau warga agar memperhatikan keadaan pohon di sekitar rumah dan pinggir jalan yang mungkin sudah tua dan memotong ranting pohon yang sudah sangat lebat, sehingga mengurangi resiko pohon tumbang terkena angin kencang.

Anggota Piket Polsek dan Koramil Waru, Datangi TKP Pohon Tumbang Yang Menimpa Rumah Warga Di Desa Waru Barat

“Serta, kami ucapkan terimakasih petugas Polsek Waru dan TNI Koramil Waru, yang pada hari Jum’at, 23/12/22 kemarin, telah merespon cepat bersama pihak desa dalam mengevakuasi pohon tumbang di jalan raya pasar polowijo waru, dan di dusun tobalang-1 yang menimpa rumah warga”. ungkapnya.

Pada kali kesempatan itu, Kapolsek Waru AKP Anwar Subagyo, S.H., menerima dan menyampaikan beberapa aspirasi masyarakat, terkait antisipasi gangguan Kamtibmas pada jelang perayaan malam tahun baru 2023, serta antisipasi kriminalitas 3C (Curat, Curas dan atau Curanmor) kedepannya.

“pada kesempatan Jum’at Curhat kali ini, kami sepakati pada perayaan malam tahun baru 2023 esok malam, akan bersinergi untuk mengimbau masyarakat agar tidak berkonvoi di jalan raya, baik itu dengan sepeda motor ataupun musik daul, sehingga tidak menimbulkan kemacetan dijalan poros Kecamatan Waru dan meminimalisir kerawanan kamtibmas, maka dialihkan pada kegiatan pengajian umum saja untuk memohon barokah, keselamatan, keamanan dan kesuksesan di tahun 2023”, pungkasnya.

Tokoh masyarakat yang hadir turut mengapresiasi kegiatan kepolisian yang dikemas dalam tajuk “Jumat Curhat” tersebu, sebagai sarana komunikasi antara Polri dan MUSPIKA terkait kamtibmas, diharapkan kedepannya kegiatan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan.[swxh]